Bappenda Bangun Gasebo Guna Topang Pariwisata di Kabupaten Jayapura

  • Whatsapp

SENTANI,KARABAS.ID РBadan Pendapatan Asli Daerah (Bappenda) Kabupaten Jayapura membangun sejumlah Gasebo di tempat rekreasi Bukit Hokhoibey Yomo yang berada di Kampung Ifar Besar Distrik Sentani, dalam rangka mendukung pengembangan potensi pariwisata  Danau Sentani.

Kepala Badan Pendapatan asli daerah kabupaten Jayapura, Teophilus Tegai kepada awak media, Kams (27/8/2020) meminta kepada pihak kampung untuk segera membuat peraturan kampung terkait pengelolaan potensi pariwisata di kampung Ifar Besar itu.

“Penataan tempat ini juga saya sudah lapor ke pak Bupati, dan pak Bupati juga sudah memberikan restu. Saya juga akan bangun lagi komunikasi dengan Dinas Pariwisata supaya jangan mereka menutup mata. Secara tupoksi mereka yang harus lebih banyak berperan,” ucap Teopilus Tegai.

Pihaknya lanjut Teopilus akan membangun kembali fasilitas-fasilitas pendukung lainnya di tempat itu untuk meningkatkan geliat pariwisata di Kampung ifar Besar.

Terkait pengelolaan pariwisata di daerah itu, Teopilus berharap pihak kampung untuk segera mengurus peraturan kampung supaya ketika peraturan Kampung ini sudah ada, sistem pengelolaan sektor pariwisata bisa menggunakan metode bagi hasil yakni yang pertama ke Kabupaten sesuai dengan Perda Kabupaten kemudian ke kampung dan juga kepada pemilik.

“Jadi nanti yang Kabupaten punya ini sesuai dengan undang-undang Desa nanti akan kembali lagi ke kampung. Sehingga saya berharap Ifar Besar ini tidak saja Jeku yang terkenal¬† tetapi potensi yang ada di sini juga kita bisa garap dan bisa dikenal oleh masyarakat luas,” tuturnya.

Ia menyebutkan, terkait dengan pengelolaan jangka panjang potensi pariwisata itu pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura.

Ditempat yang sama, Kepala Kampung Ifar Besar Arnold Yoku sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam hal ini dinas Bappenda.

“Semua yang bapak kadis sudah buat di kampung kami, kami warga kampung Ifar Besar sangat berterimakasih. Setelah diserahkan kepada Pemerintah Kampung kami akan selalu merawat dan menjaga wisata ini. Nantinya kita akan bekerja sama dengan Pemuda-Pemuda di kampung, supaya semua pemuda akan dilibatkan untuk mengambil bagian dalam Sadar Wisata, dan bagaimana cara kita mengelola pariwisata Hokhoibey Yomo ini ,untuk menarik wisatawan lokal maupun wisatawan asing,” tutup Arnold. (JeKa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.