Clay Dondokambey Kunjungi Kantor DPRD Manado, Ada Apa Gerangan?

  • Whatsapp
Clay Dondokambey saat hendak pulang dari kantor DPRD Manado.

MANADO,KARABAS.ID – Anggota DPRD Kota Manado yang baru saja selesai mengikuti Rapat paripurna DPRD Kota Manado, pada Kamis (16/09/2021), dikagetkan dengan hadirnya sosok pria muda enerjik yang satu ini. Dia adalah Clay Hendrik June Dondokambey, satu diantara pejabat yang dipercaya Gubernur dan Wakil Gubernur masuk dalam kabinet Sulut Hebat. Lalu, apa gerangan hingga birokrat muda yang menjabat Kepala Biro Umum Setdaprov Sulut ini hadir di gedung dewan terhormat? Segudang tanya pun muncul dibenak para legislator, ASN dewan bahkan para jurnalis yang datang meliput saat itu.

Sekira pukul 15.30 wITA, Dengan memakai kemeja batik merah muda dan sebuah map putih digenggaman tangannya, pria murah senyum ini pun menyapa para kuli tinta dan langsung disambut hangat anggota DPRD Manado dari Fraksi PDI Perjuangan, Jean Sumilat dan Rosalita Manday. Ketiganya pun melangkahkan kakinya menuju ruang Komisi III.

“Pak Karo Clay itu? ada apa gerangan hingga muncul disini (kantor dewan,red),” tanya jurnalis, Andre Siwi bernada heran.

Dari pantauan wartawan, kurang lebih 10 menit berbincang di ruang Komisi III, Pria kelahiran 14 Juni 1983 ini keluar dari ruangan ditemani Jean Sumilat dan Rosalita Manday lalu menuju ke ruangan Ketua DPRD Manado, Aaltje Dondokambey.

“Ketemu dulu dengan Ibu Ketua Dewan,” sapanya kepada wartawan yang hadir.

Clay Dondokambey saat keluar dari ruang komisi III DPRD Manado.

Tentu saja kunjungan dadakan mantan Penjabat Bupati Minahasa Utara itu, mengundang pertanyaan mendalam, apakah terkait dengan adanya isu calon Sekretaris Daerah Kota Manado atau maksud lain. Sebab sudah menjadi perbincangan hangat di Kota Manado, nantinya setelah 6 bulan pemerintahan Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang bisa melakukan perombakan kabinet, tak menutup kemungkinan Clay Dondokambey dipercayakan Gubernur Sulut untuk menduduki posisi jabatan Sekda Kota Manado.

“Pak Clay sowan ke Ketua Dewan, mungkin berkonsultasi terkait persiapan calon Sekda Kota Manado,” ucap sumber resmi yang tak mau namanya dipublis.

Singkat cerita, sekitar 10 menit melakukan pertemuan dengan Ketua Dewan, tak lama kemudian pria berusia 39 tahun ini beranjak pulang, juga ditemani para sahabatnya Jean Sumilat dan Rosalita Manday yang mengantarnya sampai di pintu keluar kantor DPRD.

“Silahkan tulis, Calon Sekda Kota Manado,” celoteh Srikandi PDI Perjuangan, Jean Sumilat kepada wartawan, saat mendampingi Clay Dondokambey pulang dari kantor dewan.

Ingin memastikan kabar tersebut, wartawan pun langsung mengkonfirmasi kepada pria lulusan program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXII Lemhanas 2021.

“Saya datang kemari dalam rangka membawa surat undangan perkawinan. Kebetulan saya dipercayakan yang akan kawin, untuk membawa surat undangan langsung kepada Ketua Dewan. Bukan maksud lain. Saya tak tahu kalau baru selesai rapat paripurna,” tutur  Jebolan STPDN/IPDN Angkatan XIII.

“Permisi ya, saya mau ke Hall B Koni untuk memantau atlit Basket yang akan berlaga di PON nanti,” ungkap suami dari Sylvia Dondokambey Tambelu sambil berlalu.

Clay Dondokambey bersama Jean Sumilat dan Rosalita Manday menuruni tangga usai bertemu Ketua DPRD Manado.

Diketahui, jenjang karir pria ramah bersahabat ini sangat bervariatif. pada 3 Januari 2017, Clay diangkat sebagai Pelaksana Tugas Kepala Biro Umum diusianya ke 34 tahun. Dan pada 5 Januari 2019, diusia 36 tahun, Clay dikukuhkan menjabat Kepala Biro Umum Sekretariat Daerah Pemprov Sulut. Jabatan eselon II merupakan posisi bergengsi di Pemprov Sulut.

Baru-baru ini, Clay berhasil lulus dalam Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXII Lembaga Ketahanan Nasional ( Lemhannas) RI. Ia menempuh pendidikan selama 6 bulan.

“Segala kemuliaan hanya bagi Tuhan Terima kasih doa dan supportnya semua. Terima kasih banyak. Tuhan kiranya memberkati senantiasa. Amin,” ujarnya merespon ucapan selamat yang mengalir.

Sebelumnya, Clay pun pernah ditunjuk Mendagri Tito Karnavian menjabat Pjs Bupati Minahasa Utara ketika Pilkada serentak 2020.

Alumni SMA 9 Manado ini merupakan Jebolan STPDN/IPDN Angkatan XIII dan kemudian lanjut merengkuh titel MAP di Pascasarjana Universitas Manado.

Point Guard andalan tim Basket Pemprov Sulut ini, lebih dulu berkarir sebagai Birokrat di Kabupaten Minahasa. Menempati sejumlah jabatan eselon III, bahkan pernah dipercaya menjadi Sekretaris Pribadi Bupati Minahasa saat itu yakni Vreeke Runtu. Setelah itu menjabat Camat Tombariri dan Camat Mandolang, Kabupaten Minahasa.

Setelah itu, karir Clay menanjak ke Provinsi. Menjadi Kepala Bidang di Dinas Penanaman Modal, Clay pun sempat menjadi Sekretaris Pribadi Gubernur Olly Dondokambey.

Putra dari Hendriette Catrina Dondokambey inipun akhirnya menikah dengan Sylvia Tambelu, dan kini mereka memiki dua orang putri yakni Annabelle Dondokambey dan Mikhaela Juanita Dondokambey.

Pria yang terkenal ramah ini sempat menempuh pendidikan dan pelatihan kepemimpinan ( PIM) II dengan menggagas proyek Unit Layanan Administrasi (ULA) ODSK. PIM II merupakan satu diantara syarat untuk bisa menjadi seorang pejabat Eselon II, setara dengan Sekretaris Daerah.

Pelayanan administrasi secara online itu diajukan sebagai proyek perubahan ketika mengikuti pelatihan Kepemimpinan II di Jawa Timur. Proyek itu diajukan ke Lembaga Adminstrasi Negara.

Setelah melalui serangkaian proses penilaian, proyek ULA yang diajukan Clay meraih predikat memuaskan. ULA ODSK pun dinobatkan sebagai juara dalam kompetisi layanan inovatif tahun 2019.

Diketahui, Clay Dondokambey saat ini sebagai Ketua Ikatan Keluarga Alumni Perguruan Tinggi Kepamongprajaan (DPP-IKAPTK) Provinsi Sulut.

Di organisasi olahraga, ia dipercaya Ketua Harian Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Sulut.

Ia juga dipercaya menjabat Ketua Umum Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Sulut. (*/RoKa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.