DKP Kabupaten Jayapura Serahkan Bantuan 6000 Bibit Ikan Lele

  • Whatsapp

SENTANI,KARABAS.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) menyalurkan 6.000 ekor bibit ikan Lele kepada Kelompok Usaha Pembudidayaan Ikan “Sukses Mandiri” di BTN Efata Sinar Cemerlang, Jalan Raya Polres RT 05/RW 11, Kampung Doyo Baru, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, kemarin.

Penyerahan bantuan Bibit Ikan itu diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Ir. Rudi Afdiner Saragih, yang diterima oleh Kelompok Usaha Pembudidayaan Ikan Sukses Mandiri, yang disaksikan oleh Pemilik Lahan yang juga Ketua Kelompok Usaha Pembudidayaan Ikan Sukses Mandiri dan Ketua RT 05/RW 11 Gilbert R. Ibo, sejumlah Ketua RT di RW 11 Kampung Doyo Baru, Staff Dinas Kelautan dan Perikanan, serta warga setempat maupun anggota Kelompok Pembudidayaan Ikan.

Selain menyerahkan ribuan Bibit Ikan Lele, Kepala DKP Kabupaten Jayapura Ir. Rudi Afdiner Saragih juga menyerahkan pakan sebanyak 1,2 ton dan sekaligus meresmikan kolam pembudidayaan ikan yang dibuat secara swadaya oleh kelompok usaha pembudidaya ikan tersebut.

“Sejak tahun 2020, kami di Dinas Kelautan dan Perikanan sudah mulai melaksanakan program pemberdayaan ekonomi masyarakat perikanan di daerah urban atau perkotaan. Jadi, kami tidak hanya berfokus di kampung-kampung atau di danau saja. Tapi, di daerah pinggiran perkotaan yang memungkinkan untuk melakukan pembudidayaan ikan seperti hari ini di Kelompok Usaha Pembudidayaan Ikan Sukses Mandiri, di BTN Efata Sinar Cemerlang,” kata Kadis Rudi Afdiner Saragih, usai penyerahan ribuan Bibit Ikan Lele, kemarin.

“Untuk membudidayakan ikan lele, itu karena adanya sumber air baik PDAM atau air tanah dan itu yang mereka manfaatkan secara swadaya dengan membuat kolam sebanyak dua petak sebagai langkah awal mereka melakukan usaha pembudidayaan ikan,” ujarnya menambahkan.

Dari bantuan Bibit Ikan yang diberikan, Rudi Saragih mengaku Kelompok Usaha Pembudidayaan Ikan Sukses Mandiri membudidayakan ikan-ikan tersebut di dalam kolam yang mereka buat secara swadaya.

“Awalnya mereka datang ke kantor dan melapor ke saya, sehingga kami di DKP sangat dukung dengan apa yang mereka lakukan. Karena memang DKP dari tahun lalu sampai sekarang itu kami kembangkan program tersebut,” ucapnya.

“Jadi melihat di beberapa titik pemukiman di wilayah perkotaan atau di lokasi perumahan-perumahan BTN yang memungkinkan untuk membudidayakan ikan tersebut, kami siap support dan mendukung, serta kembangkan kelompok-kelompok pembudidayaan ikan. Selagi ada lokasi atau tempat yang mendukung di belakang rumah, berapa meter saja bisa melakukan budidaya ikan lele,” sambung Rudi Saragih seraya menyampaikan, bahwa pihaknya juga telah menyerahkan bantuan 4.000 ekor bibit ikan Lele pada bulan Oktober di BTN Ceria.

Lanjut Rudi Saragih, bantuan bibit ikan pada kelompok masyarakat bertujuan untuk tetap menunjang kelompok usaha perikanan darat, agar tetap produktif dan meningkat pendapatannya. Selain itu, sebagai langkah Pemkab Jayapura memberikan peluang usaha bagi setiap masyarakat yang memiliki kemauan dalam bidang budidaya perikanan.

“Harapannya kedepan usaha Budidaya perikanan di Doyo Baru Distrik Waibhu, khususnya di Perumahan BTN Efata Sinar Cemerlang ini dapat terus berkembang. Sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” harap Rudi Saragih. (*/JeKa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.