Dukung PON XX, Dinkes Kabupaten Jayapura Gelar Vaksinasi Covid-19 Massal

  • Whatsapp
Nampak salah satu warga yang sedang di berikan vaksin oleh petugas medis, yang berlangsung di Stadion Barnabas Youwe, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

SENTANI,KARABAS.ID – Percepatan pemberian vaksin terus di lakukan Pemkab Jayapura melalui Vaksinasi Massal. Kali ini Pemkab Jayapura melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan vaksinasi di Stadion Barnabas Youwe (SBY), Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, percepatan di lakukan untuk merealisasikan target 70 persen vaksinasi bagi warga Kabupaten Jayapura terutama yang ada di sekitar venue-venue PON XX Papua tahun 2021.

Kali ini Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura bersama TNI-Polri, vaksinasi massal dilakukan di Stadion Barnabas Youwe (SBY) Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (19/8/2021).

“Vaksinasi massal ini dalam mendukung dan juga mensukseskan penyelenggaraan PON XX di Klaster Kabupaten Jayapura. Untuk itu, kita berharap dengan percepatan pemberian vaksin ini terjadi herd immunity (kekebalan kelompok) di tengah masyarakat yakni, minimal mencapai target 70 persen sebelum PON dilaksanakan,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Khairul Lie melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P), Pungut Sunarto, ketika ditanya wartawan media online ini, Jumat (20/8/2021) sore.

Vaksinasi, kata dia, diprioritaskan untuk terus dilakukan agar kekebalan kelompok atau herd immunity tenaga relawan SDM dan juga masyarakat Kabupaten Jayapura yang berada di sekitar venue-venue PON XX cepat terbentuk.

“Ini adalah percepatan pemberian vaksin di Stadion Barnabas Youwe, dan berlangsung selama tiga hari. Mudah-mudahan masyarakat maupun tenaga SDM yang terlibat dalam pelaksanaan PON juga bisa ikut melakukan vaksinasi massal tersebut. Selain itu, kegiatan vaksinasi massal ini juga dalam rangka mendekatkan akses pelayanan kepada masyarakat di sekitar lokasi penyelenggaraan PON XX 2021. Karena target kita sebelum di mulainya pelaksanaan PON, itu sudah harus mencapai 70 persen,” katanya.

70 persen sasaran vaksin yang ditargetkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, terang Pungut Sunarto, baru terlaksana atau tercapai di kisaran 40 persen lebih untuk vaksin tahap pertama dan vaksin tahap kedua baru tercapai sekitar 30 persen lebih.

“Jadi ini tantangan cukup berat bagi kami. Karena selain untuk masyarakat yang ada di sekitar lokasi PON, kami juga berpikir untuk seluruh masyarakat di Kabupaten Jayapura, guna merealisasikan 70 persen kekebalan kelompok,” jelasnya.

Ia berharap, angka kesembuhan Covid-19 di Kabupateb Jayapua terus meningkat, angka kematian bisa ditekan dan perekonomian warga bisa segera pulih, serta pelaksanaan PON XX Papua tahun 2021 di Klaster Kabupaten Jayapura bisa sukses.

“Saya mengajak kepada masyarakat di sekitar lokasi PON dan juga rekan-rekan dari tenaga SDM PON, untuk juga ikut terlibat dalam maraton vaksinasi yang dilakukan Pemkab Jayapua,” terang Pungut Sunarto.
Setelah di Stadion Barnabas Youwe, pihaknya juga akan menggelar lagi vaksinasi massal pada pekan depan yakni, selama tiga hari mulai Senin (23/8/2021) hingga Rabu (25/8/2021) bertempat di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Setelah tiga hari percepatan pemberian vaksin di Stadion Barnabas Youwe, Insha Allah kami akan melaksanakan vaksinasi massal di lapangan Gunung Merah, kantor Bupati Jayapura. Kita harap kepada masyarakat dan ASN di lingkungan Pemda Kabupaten Jayapura bisa ikut mensukseskan kegiatan vaksinasi massal tersebut,” tutupnya. (*/JeKa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.