Kaleidoskop 2021 : Transformasi Sejarah PD Pasar Manado

  • Whatsapp

Oleh : Michael ‘Cilox’ Tumiwang

Humas PD Pasar Manado

PERJALANAN kurang lebih 7 bulan PD Pasar Manado sejak dinahkodai Direktur Utama dr Roland Roeroe serta jajaran direksi yakni Direktur Umum Lucky Senduk, Direktur Operasional Irving Biki dan Direktur Pengembangan Jeffrie Salilo mulai Mei 2021 lalu kian menunjukkan perubahan nyata.

Ini tidak lepas dari kerja keras direksi dan top manajemen, dukungan masyarakat serta Pemerintah. Baik Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, juga Wali Kota Manado Andrei Angouw dan Wakil Wali Kota Richard Sualang.
Buktinya, sejak dipercayakan memanajerial PD Pasar, Roland Roeroe telah membawa nuansa baru dengan banyak perubahan Hebat terjadi di PD Pasar Manado, yang saat ini bermarkas di New Bendar 45 (ex-Shooping Center-red).

Dimana, usai dilantik oleh Wali Kota Andrei Angouw dan Wakil Wali Kota Richard Sualang, Roland Roeroe Cs terus memfokuskan penataan pasar untuk kenyamanan pedagang dan pembeli, revolusi mental jajaran pimpinan dan karyawan PD Pasar.

Tidak hanya itu saja, penataan di internal perusahaan juga diseriusi dengan menempatkan jajaran Satuan Pengawas Internal (SPI) yang memiliki tugas serta tanggungjawab khusus. Termasuk memastikan persoalan-persoalan ataupun masalah yang muncul di PD Pasar dapat diselesaikan.

Bahkan persoalan karyawan yang sebelumnya tidak lancar menerima pembayaran gaji, justru dimasa Roeroe Cs, semua karyawan menerima pembayaran salary atau gaji melalui non tunai (Bank Sulut-red).

“Tidak ada yang mudah, namun perlu ada revolusi mental agar perusahaan ini dapat dikelola secara profesional. Selain itu, komitmen menjadikan pasar sesuai dengan visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota adalah yang utama, demi tercapainya masyarakat Kota Manado yang Maju dan Sejahtera,” ujar Roland Roeroe.

Diketahui, sejak dipimpin jajaran Direksi yang baru, PD Pasar Manado terus berbenah dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terutama pedagang.
Ditambah lagi pada awal Desember lalu, jajaran manajemen PD Pasar menambah personil baru yang bertugas sebagai staf ahli Direksi dan Tenaga Ahli yang memiliki tugas dan tanggungjawab sesuai bidangnya masing-masing, dan diharapkan dapat membawa dampak positif dalam menunjang program Walikota Manado sebagai Kuasa Pemegang Modal (KPM).

PROGRAM FANTASTIS

Disisi lain, jajaran Direksi PD Pasar yang kini dipimpin oleh Direktur Utama Roland Roeroe, telah melaksanakan berbagai kegiatan yang bersentuhan dengan masyarakat, dalam hal ini mitra PD Pasar yaitu para pedagang dan pembeli.

“Kami sudah menggelar beberapa kegiatan yang diharapkan mampu menggenjot tingkat pendapatan bagi pedagang. Mulai dari penandatanganan pakta integritas, berdiskusi langsung dengan pedagang di pasar, hingga membuat kegiatan yang bertajuk Christmas Fair 2021 saat penghujung tahun 2021,” tutur Roland Roeroe.

Dimana kata Roland Roeroe, semua itu dilaksanakan untuk mendorong para pedagang dan juga masyarakat pasca pandemi 2020, agar perekonomian Kota Manado bisa meningkat.

“Kegiatan Christmas Fair dan Taman Kuliner Bendar, hanyalah salah satu dari iven yang digagas untuk mendongkrak kembali semangat dan antusias warga masyarakat dalam menggerakkan roda perekonomian daerah,” ujar Roeroe.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengawas PD Pasar Manado, Novi Lumowa beberapa waktu lalu berpesan agar pengalaman buruk di jaman PD Pasar sebelumnya tidak boleh terjadi lagi.

“Sekarang harus bersinergi, jangan saling ambil tupoksi antara Direksi dan Badan Pengawas. Kerja yang baik, karena kami akan mengawasi kinerja kalian, yang baik akan dipertahankan,” kata Novie Lumowa.
Bahkan, di penghujung akhir tahun 2021, 30 Desember 2021, Direktur Utama PD Pasar Manado dr Roland Roeroe, jajaran Direksi, Dewan Pengawas, Satuan Pengawas Internal (SPI) dan top manajemen ciptakan gebrakan spektakuler.

Bertempat di Aula Toar Lumimuut (Tolu) Pemkot Manado, Direktur Utama Roland Roeroe didampingi Direktur Pengembangan Jeffrie Salilo, menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan PT Bank Negara Indonesia, tentang pemanfaatan fasilitas jasa dan layanan perbankan dalam pengelolaan pasar melalui system Ecosmart.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) PD Pasar Manado dan BNI WMO dihadiri dan disaksikan langsung Arbonas Hutabarat Kepala Perwakilan BI Provinsi Sulut, Pemimpin BNI Wilayah 11 Manado Irwan Eka Putra, Wakil Pemimpin Wilayah Faizal Isnaeni, Pemimpin Cabang Manado Bob Hotma Samosir, Wakil Pemimpin Cabang Gracia Karamoy, Asisten II Pemerintah Kota Manado Philips Sondakh, jajaran manajemen PD Pasar, Dewan Pengawas PD Pasar Novie Lumowa dan Markho Tampi, serta Sekretaris SPI Denny Kaunang.

“Ini adalah proses transformasi yang bersejarah bagi Perusahaan Daerah Pasar Manado. Target dari PD Pasar saat ini adalah digitalisasi, dengan tetap mengedepankan kenyamanan bagi masyarakat, baik pedagang sebagai mitra maupun pembeli,” ujar Roland Roeroe.

KUNJUNGAN NEW BENDAR 45

New Bendar 45 yang saat ini menjadi markas PD Pasar Manado dibawah pimpinan dr Roland Roeroe Cs, sudah menerima kunjungan dari sejumlah mitra dan pemerintah dari beberapa daerah.

Salah satunya Bupati Kabupaten Gorontalo Prof Nelson Pomalingo, didampingi Kacab BSG Gorontalo Yusuf Husain, pernah mengunjungi kantor New.Bendar 45 dan diterima Dirut PD Pasar Manado, dr Roland Roeroe bersama jajaran Manajemen.

“Saya didampingi Dirum Lucky Senduk menerima Kunjungan Bupati Gorontalo. Kami membahas rencana Bupati membentuk Perusahaan Daerah Pasar di Kabupaten yang beliau pimpin,” ujar Roland Roeroe. Bupati Nelson juga memuji langkah perubahan menuju Pasar Manado Profesional untuk masyarakat lebih Maju dan Sejahtera.

“Di tempat saya ada 33 pasar tradisional tetapi masih dikelola Disperindag. Dan kedepan kami akan membuat perusahaan yang akan mengelola pasar-pasar yang ada. Sebagai langkah awal nanti Disperindag akan ditugaskan untuk datang ke PD Pasar Manado dan belajar disini,” tegas Bupati Nelson.

Selain Bupati Gorontalo, jajaran Direksi PD Pasar Bitung, Tomohon dan Minut serta Disperindag Minahasa juga pernah bertandang dan menimba ilmu di New Bendar 45, yang saat ini menjadi trending topik di hampir semua media. (***)

 

STRUKTUR PD PASAR MANADO

DEWAN PENGAWAS:

Ketua : Novie Lumowa

Sekretaris : Philips Sondakh (Asisten II)

Anggota : Markho Tampi

DIREKSI:

Direktur Utama : Roland Roeroe

Direktur Umum : Lucky Senduk

Direktur Pengembangan : Jeffrie Salilo

Direktur Operasional : Irving Kurniawan Biki

SATUAN PENGAWAS INTERNAL:

Ketua : Gregorius Tonny Rawung SE

Wakil Ketua I : Jellij Dondokambey SH

Wakil Ketua II : AKBP Purn Jantje Lantu BA

Sekretaris : Denny Kunang SH

Anggota :

AKBP Purn Herry Arnold Kolondam SH

Ir Lucky Bernhard Kiolol MSi

dr Harly Sompotan MKes

Ferry Moningkey SE

Alfian Polla Daini

Kepala Sekretariat : Ir John Frederik Tangkudung

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.