Kemenkes Pantau 48 Orang yang Kontak dengan 2 Pasien Positif COVID-19

  • Whatsapp

JAKARTA, KARABAS.ID – Dua warga Depok positif terjangkit virus corona Covid-19.

Saat ini kedua pasien tengah dirawat di RS Pusat Infeksi Sulianti Saroso.

Saat ini sudah ada local transmission Covid-19 antara pasien pertama ke ibunya. Melihat hal tersebut, Kementerian Kesehatan melakukan pengecekan survailans aktif sesuai dengan pedoman dari WHO.

“Kalau ada seseorang yang dinyatakan positif, tindakan kesehatan masyarakatnya adalah survailans aktif dan traking setelah itu klustering mana yang kontak erat mana, yg di satu ruangan,” kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, Anung Sugihantono, di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan, Senin (2/3/2020).

Pengelompokan survailans aktif dibagi dalam kategori kontak dekat, kontak erat, dan mereka yang berada dalam satu area. Jika lebih dari satu maka pemantauan dilakukan dengan pengambilan sampel acak di Balitbangkes.

“Jumlah sementara untuk first contact sampai 3rd contact sampai ke 48 orang,” sebut Kemenkes sebagaimana dilansir detik.com.

Lanjutnya, hingga kini status kesehatannya secara umum baik, belum ada keluhan.

“Ada yang sudah dilakukan pembatasan,” pungkasnya.

Seorang warga negara Jepang yang disebut menularkan virus corona atau Covid-19 ke dua warga Indonesia, diketahui tengah dirawat di sebuah rumah sakit di Kuala Lumpur, Malaysia. Warga Jepang itu dinyatakan positif virus corona pada 27 Februari setelah memeriksakan diri ke rumah sakit setempat.

Seperti dilansir kantor berita Malaysia, Bernama, Senin (2/3/2020), warga Jepang yang tidak disebut identitasnya ini, disebut bekerja di Malaysia dan pernah bepergian ke Jepang pada Januari lalu dan kemudian pergi ke Indonesia pada awal Februari. Disebutkan bahwa dia berjenis kelamin perempuan dan berusia 41 tahun.(dtc/TIM KARABAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.