Panglima TNI dan Kapolri Lepas Satgas COVID-19 di Papua

  • Whatsapp

Hadi Tjahjanto: Ini Bentuk Dukungan Kami kepada Pemerintah

SENTANI,KARABAS.ID – Luar biasa, dua pimpinan TNI dan Polri, Sabtu (29/08/2020) berkunjung ke tanah Papua.

Kedatangan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dalam rangka melakukan kunjungan kerja ke Jayapura dan Timika, Papua.

Dalam kunjungan ini, keduanya melakukan pelepasan 120 Satgas bermotor dalam rangka pencegahan COVID-19 di Yonif RK 751/VJS, Jayapura.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kepada  awak media mengatakan apa yang telah dilakukan TNI/Polri itu merupakan bentuk dukungan kepada pemerintah Provinsi Papua dalam memberantas Covid-19.

Panglima TNI saat memberikan arahan kepada Satgas Covid 19.

“Sesuai dengan intruksi Presiden nomor 6 tahun 2020 terkait Covid-19 ini maka, kami TNI dan Polri turut serta mendukung Pemerintah Daerah dalam melakukan pendisiplinan protokol kesehatan. Oleh karena itulah saat ini kami melepaskan satgas pendisiplinan covid-19,” ucap Panglima TNI.

Pihaknya sangat mengapresiasi pihak pemerintah, yang sudah memerangi covid-19, buktinya sampai saat ini angka kasus sudah semakin berkurang, yang artinya angka kesembuhan pasien covid-19 di Papua sudah sangat meningkat.

Oleh sebab itu perlu ditingkatkan lagi, supaya Covid-19 ini dapat diberantas secara tuntas.

“Oleh karenanya maka kami akan terus berupaya menekan angka covid-19 di setiap daerah salah satunya di Papua. Oleh karena itu kami lepas satgas ini,” ungkapnya.

Panglima TNI menjelaskan, satgas yang dilepaskannya itu, bertugas untuk terus berikan himbauan kepada masyarakat, terkait protokol kesehatan, di tempat tugasnya masing-masing.

Pada kesempatan itu panglima mengajak seluruh tokoh adat, dan tokoh masyarakat turut berperan aktif bersama satgas covid-19.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap patuhi himbauan satgas covid-19 yang kita lepas dan himbauan pemerintah terkait protokol kesehatan agar bersama-sama kita memerangi covid-19 di NKRI,” pungkasnya.

Selain melepas Satgas COVID-19, keduanya juga membagikan sembako serta masker kepada perwakilan tokoh masyarakat.

Selain itu, Panglima TNI dan Kapolri Hadi juga melaksanakan video conference bersama Satuan Tugas COVID-19 Daerah di VIP Room Bandara Silas Papare Sentani.

Panglima TNI dan Kapolri saat melepaskan Satgas Covid 19.

Adapun dalam kegiatan ini keduanya memberikan penekanan kepada anggota TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas COVID-19 sebagai berikut.

1. Laksanakan tugas sebagai anggota Satgas COVID-19 di wilayah Papua dengan baik.

2. Patuhi protokol kesehatan yang berlaku.

3. Lakukan sosialisasi secara terus menerus kepada masyarakat agar masyarakat menjadi paham tentang protokol kesehatan agar terhindar dari COVID-19.

4. Lakukan koordinasi secara intensif dengan berbagai pihak mulai dari tenaga kesehatan, fasilitas kesehatan, instansi pemerintah dan stakeholder lainnya agar tugas-tugas satgas COVID-19 dapat dilaksanakan dengan optimal.

5. Bersinergitas dalam melaksanakan tugas.

Usai kegiatan di Jayapura, keduanya pun melanjutkan kunjungan kerja ke Timika untuk melaksanakan kegiatan arahan bersama Satgas COVID-19 wilayah Timika. (JeKa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.