Pemprov Sulut Target WTP Tanpa Catatan

  • Whatsapp

MANADO,KARABAS.ID – Pemerintah Provinsi (Pemvrop) Sulawesi Utara di ambang cetak prestasi fenomenal dalam pengelolaan keuangan.

Pasalnya jika pemeriksaan BPK-RI perwakilan Sulut pada Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2020 kembali mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) maka Pemprov Sulut berhasil meraihnya 7 kali secara beruntun.

Sedangkan di era Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wagub Drs Steven OE Kandouw (OD-SK) berhasil sapu bersih Quintrick atau 5 kali secara beruntun–satu periode.

Optimisme ini pun diungkapkan langsung Gubernur Olly usai menyerahkan LKPD Pemprov Sulut di kantor BPK-RI Perwakilan Sulut di Jalan 17 Agustus Bumi Beringin, Senin (08/03/2021) pekan lalu.

“Ya, optimis Pemprov Sulut kembali meraih WTP untuk pemeriksaan LKPD 2020,” jawab Gubernur Olly pada sejumlah wartawan.

Kendati begitu selaku pimpinan perwakilan perintah pusat di daerah, Gubernur Sulut dua periode ini juga berharap aura positif Pemprov ini juga menular pada 15 pemerintah kabupaten kota di Sulut.

“Saya berharap dan yakin semua Pemda 15 kabupaten kota akan meraih WTP,” terang mantan Pimpinan Banggar DPR-RI 3 periode itu.

“Kalau tahun kemarin satu Pemda yang WDP, tapi tahu ini pasti semua WTP,” pungkas Gubernur Olly di lobi kantor Gubernur.

Sementara itu, Wakil Gubernur Steven OE Kandouw optimis, pemeriksaan BPK RI untuk tanhun anggaran 2020, Pemprov Sulut bakal meraih WTP tanpa catatan.

“Tahun kemarin memang WTP tapi maunya pak Gubernur Olly, WTP tanpa catatan-catatan juga semakin lebih sedikit,” tandas Wagub Kandouw pada sejumlah wartawan.

Oleh karena ini mantan personil DPRD Sulut 4 periode ini meminta agar seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemprov Sulut untuk segera menyiapkan laporan keuangan tahun 2020.

Menurut politisi handal PDI-Perjuangan ini semua SKPD segera mempersiapkan diri, stakaholder SKPD, menyiapkan semua apa yang diminta BPK dan ini menjadi parameter khusus bagi SKPD.

“Untuk itu saya minta kepada SKPD segera menindaklanjuti instruksi dari Gubernur Olly tersebut. Agar pemeriksaan LKPD tahun ini hasilnya lebih bagus dari tahun kemarin,” jelasnya.

“Maka, pada hari Senin depan inspektur akan mengumpul semua SKPD untuk konsolidasi menghadapi pemeriksaan rincih terkait laporan keuangan pemerintah daerah,” lanjutnya lagi.

Kepala BPK Perwakilan Sulut Karyadi mengatakan tujuan pemeriksaan LKPD Tahun anggaran 2020 adalah untuk memberikan keyakinan yang memadai (reasonable assurance) apakah laporan keuangan telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material, sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia atau basis akuntansi komprehensif. (*/RoKa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.