Wakili Masyarakat Sulut, Gubernur Olly Terima Penghargaan Abdi Bakti Tani 2021

  • Whatsapp

JAKARTA,KARABAS.ID – Satu lagi prestasi diraih Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dimasa Pandemi Covid-19. Senin (13/09/2021),  Gubernur Sulut Olly Dondokambey menerima penganugerahan Abdi Bakti Tani 2021 oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin di Istana Wakil Presiden, dalam kategori Provinsi dengan nilai ekspor komoditas Pertanian Tertinggi selama Januari 2020 sampai Juni 2021.

Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras masyarakat petani nyiur melambai, sehingga Sulut mampu mengekspor komoditas pertanian tertinggi keluar negeri.

Penghargaan ini diberikan dalam rangkaian hari Tani Nasional 2021 yang jatuh pada tanggal 24 September 2021 nanti, sekaligus Mengapresiasi Kinerja dan Prestasi Pemerintah Daerah yang telah berkontribusi dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan bagi 273 jiwa penduduk di Indonesia dan meningkatkan export produk pertanian dimasa Pandemi Covid-19.

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey ketika menerima penghargaan Abdi Bakti Tani 2021 di Istana Wakil Presiden RI, Senin (13/09/2021).

Seperti diketahui Pemerintah Sulut tengah gencar melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan sektor ekonomi dimasa Pendemi Covid-19 salah satunya sektor pertanian dengan Programnya Marijo ba Kobong dan berhasil bahkan produk pertanian sulut terbuka lebar untuk di export ke beberapa negara maju.

Sementara itu menurut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Utara Ir. Novly Wowiling, M.Si mengatakan, penghargaan yang akan di terima Pak Olly di bidang pertanian merupakan satu kebangaan bagi kita Masyarakat Sulawesi Utara khususnya buat para Petani yang sudah bekerja keras berkontribusi memajukan sektor pertanian dan perkebunan di Sulut.

“Ini merupakan suatu kebangaan bagi Pemerintah Sulut terlebih buat para petani kita yang telah banyak berkontribusi memulihkan sektor ekonomi masyarakat Petani di saat Pandemi ini,” ujar kadis Pertanian bersama Ketua ODC Sulut Ferry Wowor yang juga merupakan pemerhati di Bidang Pertanian Masyarakat Sulut.

“Keberhasilan ini tak lepas dari kolaborasi semua pihak termasuk para Petani di Sulawesi Utara,” ungkap Kadis Novly Wowiling, yang setia mendampingi Gubernur ketika menerima penghargaan, Senin (13/09/2021).

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey usai menerima penghargaan Abdi Bakti Tani 2021.

Seperti yang tertera dicatat Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa Nilai Tukar Petani (NTP) di Sulawesi Utara pada bulan Agustus 2021 menjadi 109,44 atau naik 0,73 persen, dibandingkan dengan Juli yang masih 108,65.

Adapun NTP Sulut pada Juni 2021 sebesar 108,09 dibandingkan dengan Mei yang masih 105,54.

Kenaikan NTP Agustus berasal dari dua sisi indeks, yakni indeks yang diterima petani (It) mengalami kenaikan 0,69 persen;n sementara indeks yang dibayar petani (Ib) turun 0,03 persen.

Disamping itu, kenaikan NTP ini sejalan dengan Nilai Tukar Usaha Rumah Tangga Pertanian (NTUP) yang juga mengalami kenaikan sebesar 0,65 persen, dari nilai 109,49 di Juli menjadi 110,21 di Agustus.

Kenaikan pada nilai NTP dan NTUP merupakan salah satu indikator bahwa tingkat kesejahteraan petani Sulut dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey terus membaik serta dapat menjadi bukti bahwa sektor pertanian selalu bertumbuh khususnya di tengah pandemi Covid 19.

Di wilayah perdesaan terjadi deflasi yang cukup rendah, hanya 0,06 persen. Hanya kelompok bahan makanan, minuman dan tembakau yang mengalami deflasi sebesar 0,16 persen, sedangkan kelompok pengeluaran lainnya mengalami inflasi dengan nilai yang bervariatif.

Gubernur Sulut ketika mengikuti kegiatan penganugerahan Abdi Bakti Tani 2021.

Sebagai informasi, NTP ini merupakan perbandingan antara indeks harga yang diterima petani dengan indeks harga yang dibayar petani dan dinyatakan dalam persentase.

NTP salah satu indikator untuk melihat daya beli petani, dengan mengukur kemampuan tukar produk yang dihasilkan/dijual petani dibandingkan dengan produk yang dibutuhkan petani, baik untuk proses produksi maupun konsumsi rumah tangga petani. (*/RoKa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.